Motivasi Belajar dan Teori Kepribadian


Motivasi Belajar dan Teori Kepribadian

 

Kata motivasi digunakan untuk mendeskripsikan suatu dorongan, kebutuhan atau keinginan untuk melakukan sesuatu. Orang dapat termotivasi makan apabila sedang lapar, pergi ke mall hari ini, mendapatkan nilai IPS yang lebih baik semester ini, atau memperbaiki kondisi lingkungan hidup di sekitar rumah tinggal mereka. Dengan kata lain, kata motivasi dapat dikenakan pada perilaku dalam suatu ragam atau rentang situasi yang sangat luas.

 

Seseorang menggunakan konsep motivasi untuk memerikan suatu kecendrungan umum yang mendorong ke arah jenis tujuan tertentu. Dalam pengertian ini, motivasi sering di pandang sebagai karakteristik kepribadian yang relatif stabil. Sejumlah orang termotivasi untuk berprestasi, sebagian yang lain termotivasi untuk bergaul dengan orang lain dan mereka menyatakan motivasi ini dalam berbagai cara yang berbeda. Motivasi sebagai suatu karakteristik yang stabil merupakan konsep yang agak berbeda dari motivasi untuk melakukan sesuatu yang spesifik dalam situasi tertentu. Sebagai misal, seseorang dapat dimotivasi untuk makan apabila telah cukup lapar (motivasi situsional), namun sejumlah orang umumnya lebih tertarik pada makanan daripada yang lain (motivasi sebagai suatu karakteristik pribad atau motivasi kepribadian). Hal ini tidak bermaksud untuk mengatakan bahwa motivasi situsional dan motivasi kepribadian tidak berhubungan. Motivasi sebagai sutu karakteristik pribadi (motivasi kepribadian) sebagian besar merupakan hasil dari sejarah seseorang (motivasi situsional). Lihat juga Motivasi Belajar dan Teori Atribusi

 

Sebagai contoh, anak-anak yang dipuji oleh orang tua dan guru mereka karena menunjukkan minat terhadap lingkungan di sekitar mereka, berhasil di sekolah, membaca cukup baik dan menikmati membaca, dan menemukan isi buku yang menarik dan berguna, mereka akan mengembangkan suatu cinta belajar sebagai suatu ciri kepribadian umum dan akan membaca serta belajar meskipun tidak ada seorangpun mendorong mereka untuk melakukan hal itu. Bagaimanapun juga, ciri kepribadian ini merupakan hasil sejarah panjang dari motivasi situsional untuk belajar, McCombs, 1991. Hal ini mengandung arti bahwa apabila, karena terjadi suatu sejarah yang sangat berbeda  dari sejarah yang baru saja dicontohkan di atas, misalnya ada seorang anak yang gagal untuk mengembangkan perasaan cinta untuk belajar sebagai suatu karakteristik pribadi, maka cinta belajar itu masih dapat ditanamkan pada diri anak itu dan kemudian menjadi kepribadian anak itu. Sebagai misal, banyak anak-anak yang berasal dari keluarga di mana belajar tidak dihargai tinggi dan di mana orang-orang dewasa sedikit membaca, tidak mengembangkan rasa cinta belajar sebesar rasa cinta belajar anak-anak yang berasal dari keluarga yang lebih berorientasi pada prestasi dan membaca. Meskipun demikian pengalaman sekolah positip dan dorongan guru untuk belajar, rasa ingin tahu, dan membaca, pada waktunya dapat mengatasi kekurangan dorongan atau model di rumah dan mengembangkan rasa cinta belajar hampir seperti setiap anak yang lain. Oleh karena itu apabila kita berbicara tentang motivasi sebagai suatu karakteristik pribadi, penting untuk berbagai macam tatanan (aturan) dan sulit diubah dalam waktu singkat.

 

Kata kunci: motivasi belajar, teori kepribadian, motivasi situsional, motivasi kepribadian, guru, minat

13 Tanggapan

  1. […] Motivasi Belajar dan Teori Kepribadian Motivasi Belajar dan Teori Kepribadian   Kata motivasi digunakan untuk mendeskripsikan suatu dorongan, kebutuhan atau […] […]

  2. wah, bagus juga laman ini ya..turut membincangkan tentang motivasi. fuh, semoga sukses dan teruskan menulis!

  3. sebagai pengamat pendidikan, saya tertarik terus untuk di-update perkembangan teori dan praktek yang ada di dunia pendidikan

    Terima kasih.

    Wassalam
    HD Jamaludin

  4. nice posting. boleh tukeran link gak? kutunggu yah….

    http://motivasi-arif.blogspot.com

  5. nice posting. boleh tukeran link gak? kutunggu yah….

    http://motivasi-arif.blogspot.com

  6. materi yang bagus
    http://www.kedai-edukasi.co.cc

  7. Salam kenal,
    Saya sedang cari-cari artikel tentang motivasi belajar, alhamdulillah sampai di blog ini.
    Minta ijin untuk taut blog anda, sekalian tukeran juga dengan blog saya.
    Terima kasih.

    USEP SUPRIATNA
    http://www.muhammadirfani.wordpress.com

  8. tolong carikan tugas tentang kegiatan guru dalam pembelajaran ditinjau dari materi, suasana belajar, media dan sumber belajar, guru sebagai subjec pembelajaran

  9. saya cari penelitian tindakan kelas untuk mata pelajaran PKN untuk madrasah aliyah,artikelnya kok belum ada ya…?

  10. Artikel tentang PTK, motivasi belajar sangat penting untuk para guru dalam meningkatkan dan mengembangkan potensi dan profesi guru. terima kasih artikelnya bagus-bagus.

  11. saya cari penelitian tindakan kelas untuk anak TK tentang dengan media kartu hitung trimakasih

  12. tulisan anda bagus sy tunggu tulisan berikutnya

Tinggalkan Balasan ke IR.H.D. JAMALUDIN Batalkan balasan