5 Konsep Penting Motivasi Belajar
Pertama
Motivasi belajar adalah proses internal yang mengaktifkan, memandu dan mempertahankan perilaku dari waktu ke waktu. Individu termotivasi karena berbagai alasan yang berbeda, dengan intensitas yang berbeda. Sebagai misal, seorang siswa dapat tinggi motivasinya untuk menghadapi tes ilmu sosial dengantujuan mendapatkan nilai tinggi (motivasi ekstrinsik) dan tinggi motivasinya menghadapi tes matematika karena tertarik dengan mata pelajaran tersebut (motivasi intrinsik).
Kedua
Motivasi belajar bergantung pada teori yang menjelaskannya, dapat merupakan suatu konsekuensi dari penguatan (reinforcement), suatu ukuran kebutuhan manusia, suatu hasil dari disonan atau ketidakcocokan, suatu atribusi dari keberhasilan atau kegagalan, atau suatu harapan dari peluang keberhasilan.
Ketiga
Motivasi belajar dapat ditingkatkan dengan penekanan tujuan-tujuan belajar dan pemberdayaan atribusi.
Keempat
Motivasi belajar dapat meningkat apabila guru membangkitkan minat siswa, memelihara rasa ingin tahu mereka, menggunakan berbagai macam strategi pengajaran, menyatakan harapan dengan jelas, dan memberikan umpan balik (feed back) dengan sering dan segera.
Kelima
Motivasi belajar dapat meningkat pada diri siswa apabila guru memberikan ganjaran yang memiliki kontingen, spesifik, dan dapat dipercaya.
Keenam
Motivasi berprestasi dapat didefinisikan sebagai kecendrungan umum untuk mengupayakankeberhasilan dan memilih kegiatan-kegiatan yang berorientasi pada keberhasilan/kegagalan. Siswa dapat termotivasi dengan orientasi ke arah tujuan-tujuan penampilan. Mereka mengambil mata pelajaran-mata pelajaran yang menantang. Siswa yang berjuang demi tujuan-tujuan penampilan berusaha untuk mendapatkan penilaian positip terhadap kompetensi mereka. Mereka berusaha untuk mendapat nilai baik dengan cara menghindar dari mata pelajaran yang sulit. Guru dapat membantu siswa dengan mengkomunikasikan bahwa keberhasilan itu mungkin dicapai. Guru dapat menunggu siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan dan sejauh mungkin menghindari pembedaan prestasi di antara para siswa yang tidak perlu.
Kata kunci : Motivasi belajar, minat siswa, guru, motivasi intrinsik, motivasi ekstrinsik.
BERHUBUNGAN:
Motivasi belajar dan teori disonan kognitif dan implikasinya dalam pendidikan
Motivasi belajar dan teori kebutuhan maslow
Motivasi belajar dan teori perilaku
Motivasi belajar, teori kebutuhan maslow, serta implikasinya dalam pendidikan
Filed under: teori motivasi | Tagged: guru, minat siswa, motivasi belajar, motivasi ekstrinsik, motivasi intrinsik |
COBA LIAT SITUS:
rompaklah-malingsia.blogspot.com
bagus…baguss…guss….gus….uss…ss…s
jelek…jelek…lekk..lekk..ekk..kk.k…k
apa omong
ngasih saran ajah….
kalo halaman ini mau dibuat kutipan terus daftar pustakanya atau footnotenya gmana?
sedangkan disini gak ada nama penulis atau pengarangnya….
thanks before
saya sangat mengiginkan media pembelajaran untuk mata pelajaran geografi yang ciamik gitu. lewat ini
barangkali teman – teman punya saran atau informasi2 penting yang berhubungan dengan ini saya mohon informasinya. trimakasih
tq, blh liat teori dfns motivasi mog Qu smgt nysun skripsi ny.
GB all
No Comment
[…] Sumber: https://motivasibelajar.wordpress.com/2008/05/16/3/ […]
thks ya dengan tambahan ilmunya
biarkan kami membaca dan mempelajari apa yg kau berikan juga bolehkan kami untuk mengambil makalah yg kami butuhkan, teruslah berkarya demi anak bangsa yg membutuhkan, terimakasih kami kepada crew blog katalog. salam
terima kasih, artikel anda sangat berguna dan saya sudah copy.
kalau bisa ditambah lagi ya….!tentang ptk SD